ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL CELANA PD BUNGA

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang masalah

Setiap masalah dalam perusahaan tentu memiliki kepentingan dalam menetukan harga pokok,menganalisa perubahan biaya dalam batas kapasitas produksi normal.Konsep penetuan harga pokok sangat diperlukan oleh setiap manajemen dalam perusahaan,oleh karena itu hal ini tentu akan bertujuan pada pengendalian & keputusan perusahaaan dalam memperileh keputusan maksimal.

Berdasarkan latar belakang tersebut maka dalam penulisan ilmiah ini penulis mengambil judul :

ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL CELANA  PADA PD BUNGA

1.2  Rumusan masalah

  1. Bagaimana perhitungan harga jual produk pada PD BUNGA
  2. Batasan masalah

penulis membatasi masalah pada penetuan harga jual

1.3  Tujuan penelitian

1.  Untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi yang digunakan PD BUNGA

1.4  Metode penelitian

Untuk dapat memeberikan data yang menunjang penulisan pada objek penelitian,maka pada pembuatan penelitian ini harus menggunakan tehnik pengumpulan data dan jenis data.

1.4.1        Tehnik pengumpulan data

1.Penelitian lapangan

Penelitian ini di maksudkan untuk memperoleh data primer yang diperlukan

Sistematika penulisan

Penulisan ilmiah ini terdiri dari 5 bab

Pada bab ini penulis menguraikan tentang :

Bab I : PENDAHULUAN

1.2Latar belakang masalah

1.3Rumusan masalah

1.4Tujuan penelitian

1.5Metode penelitian

Bab II : LANDASAN TEORI

2.1 Penelitian harga dengan metode variable costing serta penyajian laporan rugi laba

Bab III : GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

Dalam bab ini menguraikan secara singkat perusahaan

Bab IV : PEMBAHASAN

Dalam bab ini penulis menghitung harga jual produk pada PD Bunga

Bab V : PENUTUP

Dalam bab ini memuat kesimpulan & saran berdasarkan pembahasan yang di lakukan.

BAB  II

LANDASAN TEORI

2.1 Penentuan harga pokok produksi dengan metode full costing dan penyajian laporan rugi laba

Menurut LM Samryn, “Full costing adalah metode penentuan harga pokok yang memperhitungkan semua biaya produksi yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan overhead tanpa memperhatikan perilakunya.”

Metode Full Costing

Harga Pokok Produksi :

Biaya bahan baku                                                            Rp.

Biaya tenaga kerja langsung                                       Rp.  xxx.xxx

Biaya overhead pabrik tetap                                      Rp.  xxx.xxx

Biaya overhead pabrik variabel                                                  Rp.  xxx.xxx

Harga Pokok Produk                                                      Rp.  xxx.xxx

Dengan menggunakan Metode Full Costing,

Penyajian Laporan Laba Rugi

Laporan Laba-Rugi

( Metode Full Costing )

Hasil penjualan                                                            Rp.Xxx.xxx

Harga pokok penjualan                                            Rp.Xxx.xxx   –

Laba Bruto                                                   Rp.Xxx.xxx

Biaya administrasi dan umum                              Rp.Xxx.xxx.

Biaya pemasaran                                      Rp.Xxx.xxx

Laba Bersih Usaha                                   Rp.xxx.xxx

BAB IV

Perhitungan Harga jual

Metode Full Costing

Harga Pokok Produksi :

Biaya bahan baku                                                              Rp.  30.000

Biaya tenaga kerja langsung                                         Rp.  10.000

Biaya overhead pabrik tetap                                        Rp.  10.000

Biaya overhead pabrik variabel                                                Rp.  10.000

Harga Pokok Produk                                                       Rp.  40.000

Dengan menggunakan Metode Full Costing,

Penyajian Laporan Laba Rugi

Laporan Laba-Rugi

( Metode Full Costing )

Hasil penjualan                                                            Rp.70.000

Harga pokok penjualan                                            Rp.50.000  –

Laba Bruto                                                    Rp.20.000

Biaya administrasi dan umum                              Rp.10.000

Biaya pemasaran                                       Rp.5000

Laba Bersih Usaha                                    Rp.25.000

BAB V

PENUTUP

Demikian penelitian ilmiah tentang harga jual produk dengan metode full costing yang saya buat ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

Kesimpulan
Dengan menggunakan Metode Full Costing,

1.   Biaya Overhead pabrik baik yang variabel maupun tetap, dibebankan kepada produk atas dasar tarif yang ditentukan di muka pada kapasitas normal atau atas dasar biaya overhead yang sesungguhnya.

2.  Selisih BOP akan timbul apabila BOP yang dibebankan berbeda dengan BOP yang sesungguh-   nya  terjadi.

DAFTAR PUSTKA

1.LM Samryn

2.www.wikipedia.com